Thursday, July 25, 2013

Mencegah Aterosklerosis Dini dengan Morfologi USG

http://www.klinikherbaldunia.com/wp-content/uploads/2013/07/126.jpg

Dunia kesehatan di Indonesia saat ini masih sering kesulitan dalam mendiagnosa atau mendeteksi keberadaan penyakit aterosklerosis dini pada manusia. Hal ini disebabkan oleh keterbatasan pengetahuan para ahli kesehatan terkait optimalisasi penggunaan teknologi USG. Chandramin, seorang Dokter Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah Rumah Sakit Premier Bintaro, melakukan penelitian untuk memberikan solusi terhadap permasalahan tersebut. Ia melakukan klasifikasi morfologi intima media arteri karotis dengan pencitraan ultrasonografi pada aterosklerosis dini dan menggunakan monyet macaca nemestrina sebagai hewan modelnya.

Penelitian Chandramin ini kemudian menjadi disertasinya dalam studi Program Doktor  Ilmu Kedokteran FK UI. Rabu (25/07) lalu, Chandramin berhasil mempertahankan disertasi ini dihadapan para penguji dalam sidang promosi doktornya dengan predikat ‘sangat memuaskan’.

Chandramin dipromotori oleh Prof. Dr. dr. Dede Kusmana Sp.JK (K) (Guru Besar Tetap Ilmu Jantung dan Pembuluh Darah FK UI) dan kopromotor Prof. Dr. dr. R. Susworo, Sp.Rad (K) Onk (Guru Besar Tetap Ilmu Radiologi FK UI) serta Prof. drh. Dondin Sayuthi Ph.D (Guru Besar Tetap Ilmu Primata Fakultas Kedokteran Hewan IPB).

Kemudian tim penguji Chandramin diketuai oleh Prof. Dr. dr. Sarwono Waspadji, Sp.PD-KEMD (Guru Besar Tetap Ilmu Penyakit Dalam FK UI) dan anggotanya ; Prof. Dr. dr. Bambang Sutrisna, M.H.Sc (Guru Besar Tetap Ilmu Epidemiologi FKM UI), Prof. Dr. dr. I Wayan Wita, Sp.JP(K) (Guru Besar Tetap Ilmu Jantung dan Pembuluh Darah FK Universitas Udayana), Dr. dr. Muhammad Munawar, Sp.JP(K) (Doktor Ilmu Jantung dan Pembuluh Darah FK UI), serta Dr. dr. Bambang Budi Siswanto, Sp.JP(K) (Doktor Ilmu Jantung dan Pembuluh Darah FK UI).

Kesimpulan dari penelitian Chandramin menyebutkan bahwa tipe-tipe morfologi USG intima media arteri karotis ternyata berhubungan dengan pola distribusi sel-sel busa subendotel dan dapat diaplikasikan pada subjek manusia untuk stratifikasi aterosklerosis dini.


Prof. Dede Kusmana selaku promotor dari Chandramin menyebutkan bahwa penelitian ini sangat baik dan sangat dianjurkan untuk dikembangkan lebih lanjut mengingat Chandramin sudah memiliki jejaring relasi sumber data penelitiannya di seluruh Indonesia. (IB)

No comments:

Post a Comment