Saturday, August 20, 2011

Pembunuhan di Bulan Suci




Kisah ini terjadi di bulan Ramadhan ketika ane masih duduk di bangku SD gan. Ane kurang inget pasti kelas berapanya. Hari itu, puasa baru jalan setengah hari. Di dapur rumah ane nyokap dan kakak lagi pada bikin kue buat lebaran. Sementara ane, terkapar di atas lantai marmer kamar bonyok ane gan. Ya waktu itu baru kamar bonyok ane yang lantainya pake marmer. Secara, marmer kan dingin gan, jadi ane ya tengkurep disana buat ngobatin perut dan sekujur badan ane yang mendadak jadi lemes banget abis bantuin nyokap dan kakak bikin kue di dapur.

Awalnya ane semangat banget gan bantuin nyokap dan kakak di dapur bikin kue lebaran. Udah kebiasaan soalnya, lumayan bisa jadi alasan buat ane ke bokap. Daripada disuruh bersihin pagar ato halaman ato kerjaan-kerjaan berat lainnya mending ane nyari excuse bantuin nyokap bikin kue di dapur. Kerjaannya ringan dan baunya juga enak, hehe. Itu mindset ane waktu SD gan, jangan digeneralisir sampe sekarang ya. Sekarang InsyaAllah udah gak lagi, amin. Hehe.

Baru beberapa lama ane bantuin di dapur tiba-tiba badan ane jadi lemes dan bawaannya pengen tengkurep biar lemesnya ilang. Jadinya ya ane langsung cabut deh ke kamar bonyok trus tengkurep di marmer bagian deket pintu kamar, biar masi bisa juga nyium bau kue-nya, haha, tetep gak mau rugi. Tapi tiba-tiba ane ngerasa aneh. Ada yang gerak-gerak di kaki ane dan makin lama kayak jalan makin ke atas. Trus ane pun berdiri dan langsung ngeliat ke kaki dan sontak ane pun teriak “sipasaaaaaaan!!!”. Pasti pada bingung yaa itu bahasa planet mana?. Sipasan itu Bahasa Minang yang artinya Kelabang atau lipan gan. Ya sipasan berukuran segede spidol whiteboard bertualang di kaki kanan ane gan.

Waktu ane berdiri dan teriak sekalian ane juga gak lupa buat memberikan pukulan spontan ke sipasan tersebut dan ia pun melayang dan mendarat di lantai. Ane pun langsung meluncur dalam kecepatan tinggi melanggar rambu-rambu menuju dapur. Disana ane melaporkan berita kejadian perkara kepada mereka yang lagi pada adem ayem. Mereka pun langsung bertindak dengan membawa sejumlah peralatan tempur menuju TKP. Beberapa saat kemudian di TKP kemudian terjadi pertempuran tanpa perlawanan. Hujan pukulan tongkat sapu, sepatu, dan berbagai benda keras lainnya pun menginvasi kelangsungan hidup sipasan tadi yang ternyata belum sempat kabur dari TKP. Tak ayal dalam beberapa saat sipasan itu pun menemui ajalnya. Inna ilaihi wa inna ilaihi rajiun.

Seluruh pasukan pun menarik napas lega usai memenangi pertempuran itu. Sebuah ancaman bahaya telah berhasil ditumbangkan. Para pasukan pun kembali ke dapur dan kembali normal ; bikin kue lebaran. Sementara ane, ditugasi untuk membuang jenazah musuh ke luar wilayah pertahanan. Ane mengangkat jenazah itu dengan perasaan dilema antara dosa dan puas terhindar dari bahaya. Tapi ketika itu ane lebih berat ke kepuasan karena alhamdulillah kagak digigit. Usai membuang jenazah itu ane pun gak berani lagi tengkurep disana. Baru itu hikmah yang ane dapet waktu itu.

Tapi sekitar sepuluh tahun kemudian waktu ane lagi kehabisan kesibukan dan nyoba buat nyari kesibukan. Ane pun ngebuka info lomba bulan Agustus di laptop ane dan ane nemuin lomba nulis kisah ramadhan serambi FH UI. Beberapa menit mikir, akhirnya ane nemuin hikmah selanjutnya dari kisah di atas sehingga akhirnya ane ngikutin tu kisah ke ntu lomba. Hikmah selanjutnya adalah jangan suka ngeles, jangan manja ama puasa, jangan tidur dan males-malesan, dan yang paling utama adalah jaga hawa nafsu termasuk nafsu membunuh binatang. Ini kisah ramadhan ane, ente gimana gan?

Tulisan ini berhasil meraih juara favorit dalam Lomba Menulis Kisah Ramadhan Serambi FH UI.

No comments:

Post a Comment