Tuesday, August 9, 2011

Konsep dan Strategi Pembangunan Berkelanjutan Kampus Ramah Lingkungan Di Indonesia



Permasalahan lingkungan di Indonesia yang begitu kompleks dan riskan tidak dapat diselesaikan melalui pendekatan parsial. Hal ini memerlukan instrumen pengelolaan lingkungan yang terintegrasi dan sekuensial sifatnya. Konsep pembangunan berkelanjutan berwawasan lingkungan adalah instrumen yang tepat untuk hal ini. PT dalam memenuhi janji tri dharmanya merupakan pilar yang paling kokoh bagi instrumen tersebut.
Dengan merekomendasikan kepada pemerintah untuk segera membentuk payung hukum atas konsep ini sebagai revisi dari UU No 26 Tahun 2007 tentang penataan ruang, maka PT akan melakukan sinergisasi pergerakan dalam mengimplementasikan konsep ini. Konsep ini dimulai dengan penetapan indikator kampus ramah lingkungan dan penetapan strategi pembangunannya.


Indikatornya meliputi efisiensi penggunaan kertas sebagai kebutuhan pokok pengajaran, efisiensi pengelolaan sampah dalam penyelenggaraan pendidikan dan pengajaran, efisiensi penggunaan lahan sebagai ruang terbuka hijau dan estetika (landscape), efisiensi penggunaan listrik, efisiensi penggunaan Air, efisiensi pemakaian sumber daya alam, dan upaya kontribusi pengurangan pemanasan global. Sedangkan strategi pembangunannya meliputi tahap konsolidasi, tahap rehabilitasi lahan, tahap implementasi, dan tahap pengembangan dan pengelolaan


Pemerintah sebagai pemangku kebijakan sangat diharapkan sekali kepekaannya terhadap permasalahan lingkungan yang terjadi di Indonesia. Maka dari itu perumusan segera payung hukum terhadap konsep pembangunan berkelanjutan kampus ramah lingkungan di Indonesia akan menjadi solusi terbaik bagi lingkungan hidup Indonesia maupun PT di Indonesia.
Kata Kunci : Perguruan tinggi (PT), Kampus Ramah lingkungan,Pembangunan berkelanjutan

Abstrak Karya Tulis ini diikutkan dalam Lomba Karya Tulis Ilmiah Katulistiwa yang diselenggarakan oleh Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya

No comments:

Post a Comment