Wednesday, February 6, 2013

Australia : Anomali Belahan Selatan


Australia, adalah sebuah negara multikultural yang berbeda dengan Indonesia, berbeda polanya. Di Indonesia multikultural-nya berangkat dari perbedaan suku asli atau daerah-daerah yang ada di Indonesia. Sedangkan di Australia, keragaman tersebut berasal dari berbagai suku bangsa di dunia yang bermigrasi lalu kemudian tumbuh kembang membangun Australia. Mereka berasal dari dominasi inggris, arab, persia, india, tionghoa, jepang, korea, melayu, thailand, afrika, eropa, hingga amerika.

Berkah Heterogenitas

Heterogenitas yang tinggi antar berbagai suku bangsa tersebut ternyata membawa berkah tersendiri bagi Australia. Sejumlah perbedaan yang ada membuat mereka semakin kaya akan kebudayaan yang akhirnya melahirkan sejumlah gagasan-gagasan yang memacu perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) di Australia.

Kemajuan tersebut tentu tidak lepas dari peran serta pendidikan berkualitas yang menjamah para warga negaranya. Di Australia terdapat sejumlah universitas kelas dunia yang telah mencipta sejumlah kontribusi dalam membangun dunia keilmuan. Sebut saja salah satunya, University of Sydney yang berada di peringkat 50 besar dunia. Universitas ini memiliki sistem tata kelola dan budaya riset yang cukup tinggi sehingga mampu menghasilkan sejumlah pengetahuan baru serta juga peningkatan kapasitas mahasiswanya.