Friday, July 19, 2013

Meningkatkan Produktivitas Koloni Lebah Madu

http://4.bp.blogspot.com/-rg4Rcp6ccbI/TqpEWLXr5TI/AAAAAAAAAKk/k9MIr7EtcWM/s640/1.jpg

Keberadaan Khamir, yang memiliki asosiasi fungsional dengan lebah madu, akhirnya memicu Retno Widowati (Dosen Universitas Nasional) yang sebelumnya sudah tertarik dengan penelitian terkait lebah, untuk meriset lebih jauh terkait potensi dari Khamir ini. Khamir dan lebah madu merupakan simbiosis mutualistik. Khamir berperan penting dalam pemenuhan kebutuhan nutrisi dan kesehatan lebah madu. Khamir juga berperan dalam fermentasi nektar menjadi madu.

Jenis khamir yang berasal dari lebah madu asli Indonesia, yaitu Apis Cerana dan substrat terkait ternyata dapat dimanfaatkan untuk pembuatan pollen substitute. Pollen susbstitute adalah pembuatan atau penyediaan pengganti serbuk sari pada bunga. Proses formulasi ini dibuat dari satu atau lebih bahan alami dengan kandungan protein tinggi dan komposisi yang sesuai dengan kebutuhan lebah madu. Pollen substitute diberikan kepada koloni lebah madu Apis Cerana, selain untuk mencegah koloni meninggalkan sarang dan berpindah ke tempat yang baru. Hal ini kemudian bermanfaat untuk meningkatkan produktivitas koloni lebah madu.

Tema penelitian di atas kemudian menjadi disertasi Retno dalam studi doktoralnya di Departemen Biologi FMIPA UI. Kamis (19/07) lalu, bertempat di Aula BSM FMIPA, disertasi tersebut berhasil dipertahankan Retno dalam sidang promosi doktornya dihadapan para penguji dengan yudisium cumlaude.

Sebagai ketua dalam sidang terbuka tersebut, hadir Prof. Dr. Ir. Muhammad Anis, M.Met. (Pj Rektor UI) dan sebagai ketua pelaksananya ada Dr. Luthfiralda Sjafirdi, M.Biomed (Ketua Departemen Biologi FMIPA UI). Kemudian sebagai penguji, hadir Dr. Sih Kahono, M.Sc. (Peneliti Bidang Ekologi Lebah Pusat Penelitian Biologi-LIPI Bogor), Prof. Dr. Ir. Dewi Apri Astuti, M.S. (Staf Pengajar Departemen Ilmu Nutrisi dan Teknologi Pakan Fakultas Peternakan IPB), dan Dr. Wibowo Mangunwardoyo, M.Sc. (Staf Pengajar Departemen Biologi FMIPA UI).

Retno yang berkonsentrasi di disiplin mikrobiologi ini, dipromotori oleh Wellyzar Sjamsuridzal, Ph.D (Staf Pengajar Departemen Biologi FMIPA UI) dan kopromotor ; Dr. Adi Baskuriadi, M.Sc. (Staf Pengajar Departemen Biologi FMIPA UI), dan Ariyanti Oetari, Ph.D (Staf Pengajar Departemen Biologi FMIPA UI).

Oleh para penguji dalam sidang promosi doktor tersebut, disertasi Retno adalah sumbangsih penting bukan Cuma bagi pengembangan bidang ilmu biologi khususnya mikrobiologi, namun juga memberikan kontribusi bagi tantangan ketahanan pangan nasional dan juga tentang merawat diversitas hewani di Indonesia. 

No comments:

Post a Comment