Friday, April 3, 2015

Jangan Ngaku Pecinta Masakan Padang Kalo Belum Nyobain ini : Sala Lauak!

Sala Lauak

Bicara tentang wisata di Kota Padang, pasti sebagian besar yang ada di kepala kita adalah wisata kuliner ; Masakan Padang.

Masakan Padang memang telah mendunia, di Jakarta sudah tak terhitung lagi jumlahnya, di London, Sydney, sampai New York juga ada, di Indonesia bahkan seorang Dosen Geografi Ekonomi Universitas Indonesia mengatakan bahwa keberadaan Rumah Makan Padang menjadi salah satu indikator kemajuan suatu daerah. Hal ini karena ditinjau dari faktor aksesibilitas dan daya tarik daerahnya, ketika sudah ada Rumah Makan Padang disana, berarti sudah ada orang Padang disana, yang berarti sudah ada pendatang di daerah tersebut yang secara tidak langsung menyatakan bahwa daerah tersebut sudah memiliki akses transportasi yang baik dan daya tarik yang menarik pendatang untuk merantau.


Jika Masakan Padang sudah mudah ditemui dimana-mana, apakah berarti kita tak perlu ke Padang lagi untuk menyicipinya?. Sebagian besar orang masih penasaran untuk ingin mencoba masakan asli dari daerah aslinya yang juga punya banyak wisata alam.

Lalu jika sudah ke Padang dan mencoba masakan asli, apalagi yang kurang?. Yang kurang adalah mencoba jenis Masakan Padang yang tidak bisa ditemui di luar Padang, yaitu adalah : Sala Lauak.
Sala lauak adalah cemilan berbentuk bola kecil berwarna campuran kuning. Bahan dasarnya adalah dari tepung beras, irisan kunyit, dan potongan ikan asin.

Dalam Bahasa Minang, sala berarti goreng dan lauak berarti ikan. Sala Lauak aslinya adalah berasal dari Kota Pariaman di pesisir barat Sumatera Barat yang banyak menghasilkan produk makanan dari aneka olahan ikan.

Sala Lauak biasa dijual secara eceran oleh para pedagang kaki lima di Pasar Tradisional, dan juga di sejumlah tempat wisata, serta taman-taman kota atau pusat keramaian lain seperti di sekitar area sekolah.

Lusy (27), seorang warga asal Sragen, Jawa Tengah yang berkunjung ke Padang dan mencoba Sala Lauak, mengaku ketagihan saat mencoba cemilan ini. “Ukurannya yang kecil, lucu, dan imut, serta enak pastinya, membuat kita selalu merasa kurang dan gak bisa berhenti makannya”, jelas Lusy.

Lusy mungkin bohong, karena suaminya adalah orang Padang, tapi mungkin juga tidak kalau anda juga ikut mencoba sendiri dan merasakan sensasinya. Selamat berburu Sala Lauak!

4 comments:

  1. Sala lauak alias sala bulek banyak loh kak yang jual di Jakarta. Kebetulan saya orang pariaman, tiap ada acara pasti beli atau bikin sala bulek :D

    ReplyDelete
  2. di pasar benhil, di pasar palmerah. Bedanya itu kalo di Jakarta sala lauaknya gede-gede.

    ReplyDelete