Sunday, November 13, 2011

Onde-Onde Pelangi Nusantara



Indonesia adalah negara yang terkenal dengan beragam budayanya. Hal ini merupakan suatu warisan kekayaan yg patut kita lestarikan selalu. Salah satu ciri keragaman itu bisa di lihat dari beragam kuliner yg ada di Indonesia. Hal ini tidak mengherankan, karena kekayaan kuliner adalah hasil dari kebhinekaan Indonesia.

Jajanan merupakan suatu jenis kuliner yang sangat dekat dengan masyarakat. Ada banyak jenis jajanan yang ada di Indonesia. Salah satunya adalah onde-onde. Jenis jajanan ini sangat akrab ditemui dengan isi pasta kacang hijau dan berwarna coklat. Meskipun ada beberapa yang mencoba variasi lain, namun tidak terlalu popular.

Oleh karena itu kami mencoba membuat onde-onde terobosan baru, yaitu onde-onde pelangi nusantara. Onde-onde Pelangi Nusantara merupakan sebuah onde-onde yang memiliki warna beraneka ragam dan di dalamnya memiliki isi atau rasa dengan cita rasa khas nusantara seperti abon, bakso, rendang, serta telur. Program ini kami buat karena berdasarkan pengamatan kami, bahwa dipasaran belum ada produk berupa onde-onde pelangi. Kebanyakan hanya berupa onde onde biasa berisikan kacang ijo dan variasinya hanya dalam ukurannya saja.

Kami berusaha menciptakan inovasi baru untuk jenis makanan tradisional ini. Hal ini di harapkan dapat menarik perhatian dan minat masyarakat terhadap jenis makanan tradisional ini agar tetap laku di pasaran. Karena menurut kami pada saat ini pasar onde onde sebagai jajanan khas nusantara sudah mulai melemah karena bersaing dengan jenis makanan lain yang lebih menarik di mata masyarakat.

Onde-onde ini akan dipasarkan dalam bentuk kemasan paket agar lebih menarik dimana didalamnya akan ada beraneka rasa. Harga yang ditawarkan cukup bersahabat, yaitu hanya Rp. 2500/kemasan (5 pcs). Target pasar adalah semua sivitas akademika di Universitas Indonesia. Apabila rencana ini berjalan dengan lancar dan produk kami masyarakat dengan baik di Universitas Indonesia maka dalam jangka panjang bukan tidak mungkin hal ini bisa mengembangkan onde onde pelangi ini menjadi sebuah makanan khas kota Depok mengingat belum ada makanan khas yang dapat dijadikan buah tangan dari kota Depok.

Tulisan ini merupakan latar belakang dari proposal yang disertakan dalam Program Kreatifitas Mahasiswa Kewirausahaan (PKM-K) untuk Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) 2012

4 comments:

  1. Onde-onde pelangi nusantara...
    sebuah inovasi baru dalam hidangan makanan khas Indonesia.. :)
    sangat menarik dan rasanya pasti enak sekali.. :)

    ReplyDelete
  2. Wah asli sih, enak banget itu onde-onde keliatannyaa! Pengen coba banget ih, terimakasih banyak btw informasinya!

    ReplyDelete